Pengertian Dasar UI dan UX Design

Tolak ukur keberhasilan sebuah produk tidak hanya dilihat tingginya statistik unduhan di Playstore serta jumlah page views, mengapa? Karena perilaku “hit and run” dari pengguna. Istilah tersebut merupakan proses instal kemudian un-instal dalam selang waktu kurang dari 10 menit. Ada banyak faktor penyebabnya, salah satunya adalah pengalaman UI dan UX yang didapat oleh pengguna.

Lantas mengapa UI dan UX ini sangat berpengaruh?

Beberapa orang tidak mengetahui secara pasti mengenai User Interface (UI) dan User Experience (UX), bahkan ada yang menganggap UI dan UX merupakan suatu hal yang sama. Pada faktanya UX dan UI itu berbeda, namun satu sama lain saling berhubungan.

HCI (Human Computer Interaction) Concept

Yang pertama, kamu harus tahu konsep dari HCI dulu. Karena Human Computer Interaction adalah hal yang sangat berhubungan sekali dengan UI & UX.

Apa yang kamu lakukan dengan device, komputer, atau laptop selama ini, merupakan bagian dari HCI. Dimana saat kamu menggeser mouse, menekan keyboard, menggeser layar smartphone, gesture, dan anda bisa mendapatkan control penuh terhadap device tersebut. Nah itu yang dinamakan interaksi.

Belajar UI/UX Design kamu juga harus tahu interaksi 2 hal tersebut. USER & DEVICE. Kita harus mendesain bagaimana apps, web, atau apapun itu agar bisa lebih mudah digunakan oleh pengguna dari interface yang disuguhkan.

UI atau User Interface

User Interface adalah desain antarmuka untuk mesin dan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan pengalaman pengguna.

Bahasa gampangnya, UI adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang kamu buat terlihat seperti apa. Orang biasa menyebutnya sebagai tampilan atau desain sebuah website. Kamu bisa mendapatkan inspirasi desain dari behance.com, dribbble.com atau webdesignserved.com.

User Experience

User Experience adalah proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk.

Bahasa gampangnya, UX itu proses membuat sebuah website atau aplikasi yang kamu buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh pengguna.

Pentingnya Riset

UI dan UX yang baik tidak bisa dan bahkan mustahil diperoleh ketika produk baru diluncurkan, walaupun sudah melakukan riset dalam proses pembuatannya.

Riset mutlak dilakukan untuk mendapatkan performa terbaik dari suatu produk. Merubah warna dan letak suatu tombol dapat meningkatkan konversi dengan signifikan.

Merancang UI dan UX yang baik tidak semudah pengertiannya, kamu harus terus melihat bagaimana cara pengguna berinteraksi dengan sebuah produk.

Tinggalkan Balasan